Breaking

Senin, 18 Juni 2018

Wagub Nasrul Abit Puji Keindahan Destinasi Wisata Solok Selatan

Baca Juga

SOLOK SELATAN – Kampung Adat “ Seribu Rumah Gadang “ Solok Selatan memiliki potensi yang bagus salah satu wisata budaya di Sumatera Barat. Ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama pemerintah daerah dengan masyarakat, bagaimana mempertahankan bentuk bangunan rumah adat “Bagonjong” itu bertahan sekaligus juga mempertahankan tradisi budaya masyarakat itu sendiri dalam kehidupan sehari hari.

Ungkapnya ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, saat melakukan kunjungan kelokasi destinasi wisata Seribu Rumah Gadang Solok Selatan yang didampingi oleh Wakil Bupati Abdul Rahman, dan beberapa kepala OPD provinsi Sumbar dan pemkab Solsel, Sabtu (17/6) lalu.

Wagub juga menyambut baik beberapa ide dan gagasan pemkab Solok Selatan akan membangunan menara Pandang yang dapat melihat dari ketinggian indahnya atap gonjong Seribu Rumah Gadang.

“ Pembangunan menara pandang di lokasi kawasan Seribu Rumah Gadang sesuai program pembangunan pemkab Solsel tentu akan semakin menarik minat orang ingin datang. Selain juga keramahan dan kreatifitas invonasi masyarakat dengan berbagai kegiatan khas budaya tradisinya akan semakin menarik untuk orang berlama-lama dilokasi waisata ini. Makin lama orang menikmati keindahan dan keinginan tahuan budaya Solsel maka akan makin bertambah pula pendapatan masyarakat, “ ujarnya.

Wagub Nasrul Abit yang mengitari semua kawasan wisata Seribu Rumah Gadang tersebut mendapat sambutan hangat dan ceria dari masyarakat setempat. Dari cerita yang berkembang kiranya Pak Nasrul Abit juga merupakan keturunan suku Panai Sungai Pagu Solsel yang merantau ke tanah Air Haji Pesisir Selatan.

“ Bagi ambo mengunjungi Solok Selatan ini ibarat pulang kampuang, menemui para dunsanak terutama dari suku Panai. Di Air Haji ambo kini lah diamanahi gelar Datuk Malintang Panai,” kata Nasrul Abit ceria.

Rombongan juga melakukan dialog dengan beberapa orang masyarakat sambil menaiki rumah apa-apa yang menjadi menarik perhatian wisatawan ingin berkunjung ke lokasi Seribu Rumah Gadang.

“ Kita senang dan bangga masyarakat di kawasan Seribu Rumah Gadang ini kelihatan sudah siap menerima banyak tamu dan kunjung selain ramah juga mau menceritakan berbagai keunikan budaya dan alat-alat tradisional budaya masyarakat yang ada di sini. Karena saat ini ada pemilihan kampung adat, kita berharap kawasan Seribu Rumah Gadang ini masuk dalam kotegori terbaik, “ harapnya.

(rel/rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar