Breaking

Sabtu, 04 Agustus 2018

Forum Santri Minang Dukung Jokowi 2 Periode, Ajak Anak Bangsa Stop Hoax dan Ujaran Kebencian

Baca Juga

Poster "Jokowi Presiden Santri" pada acara yang digelar ratusan santri dari Forum Santri Minang (FORSAMI), Jumat, 3 Agustus 2018.
PADANG -- Tekad mereka sudah bulat, bangsa ini harus diselamatkan dari genggaman kaum radikal. Bagi mereka Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) merupakan presidennya kaum santri. Untuk itu, mereka akan berjuang dengan penuh semangat agar Jokowi terpilih kembali di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

Tekad itu dinyatakan oleh ratusan santri dari Forum Santri Minang (FORSAMI) pada kegiatan sholawat dan doa bersama, Jumat, 3 Agustus 2018. Kegiatan itu bertemakan "Santri Bersholawat dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dari Ranah Minang".

Tempat yang dipilih untuk lokasi acara pun sarat mana, yaitu Tugu Merpati Perdamaian Muaro Lasak Pantai Padang, Sumatera Barat. Para santri ingin bangsa ini hidup dalam kedamaian dan kehormonisan, tanpa saling hujat, tanpa saling menebar kebencian, namun merajut cinta dalam membangun negeri. 

"Kegiatan ini kami gelar sebagai harapan dan dukungan santri untuk kepemimpinan bangsa hari ini dan masa depan. Para santri berharap Presiden Joko Widodo tetap komitmen membangun bangsa yang religius," ujar Koordinator FORSAMI Alfan Raseva. 

"Kami para santri di Ranah Minang menyatakan dengan tegas mendukung Joko Widodo menjadi Presiden RI kedua kalinya. Dukungan tersebut diberikan karena Jokowi dinilai sosok Presiden yang dekat dengan para santri," tegasnya. 

Jokowi juga mengakui perjuangan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Bagi kaum santri, pengakuan tersebut merupakan penghargaan yang tak ternilai harganya.

"Jokowi sosok yang dekat dengan santri, ulama, dan kiai. Pak Jokowi juga satu-satunya presiden yang mengakui perjuangan santri dengan menetapkan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober. Setiap tanggal 22 Oktober seluruh santri di Indonesia berbangga perjuangan santri sangat dihargai, ini merupakan sejarah berharga bagi para santri," jelasnya.

Ia mengatakan, Jokowi juga sudah berhasil menjalankan pembangunan yang berkelanjutan, terus bekerja, bekerja dan bekerja, maka para santri dari Ranah Minang, bahkan se Nusantara mendukung pencalonannya kembali dan mendoakan agar Jokowi terpilih lagi menjadi presiden untuk kedua kalinya.

Selain itu, terangnya, progam pembangunan yang dilakukan Jokowi dari Sabang sampai Marauke juga sangat dirasakan masyarakat sebagai bentuk keberhasilannya memimpin Indonesia. 

"Kita lihat, program pak Jokowi baik itu infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan dari Aceh sampai Papua sangat dirasakan masyarakat. Programnya untuk santri dan kemajuan pendidikan pesantren juga kami rasakan," ungkapnya.

Pada acara yang dihadiri oleh Ketua PCNU Kota Padang Buya Yultel Ardi, aktivis Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumbar, dan tokoh pemuda Islam tersebut para santri menyanyikan lagu Yalal Wathan. Lagu yang sarat kecintaan kepada negeri yang sering mereka nyanyikan di pesantren.

Para santri yang hadir kemudian mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi sebelum membubarkan diri. Dalam Deklarasi itu para santri di Ranah Minang menegaskan mendukung penuh Presiden Jokowi kembali menjadi presiden RI periode 2019-2024.

Soal Cawapres sepenuhnya mereka menyerahkan kepada Jokowi dan  mereka mengajak masyarakat menyambut pesta demokrasi 2019 dengan penuh kesantunan, menjunjung tinggi akhlakul karimah dan ukhwah Islamiyah.

Para santri yang hadir juga menyatakan menolak ujaran kebencian dan mengajak masyarakat untuk menghentikan penyebaran hoax di Pileg dan Pilpres 2019.

"Mari stop hoax dan ujaran kebencian, negeri ini butuh kedamaian," ujar salah seorang santri yang membacakan deklarasi tersebut.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' sambil para santri mengibarkan bendera Merah-Putih.

(by/rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar