Breaking

Sabtu, 04 Agustus 2018

Ini Harapan Kadispora Kota Padang Azwin di Ajang PIDBF 2018

Baca Juga

PADANG – Kota Padang kembali menggelar kejuaraan Padang International Dragon Boat Festival (PIDBF) tahun 2018 ini. Iven tahunan yang ke-16 kalinya diselenggarakan pada 2 sampai 5 Agustus di Banjir Kanal GOR. H. Agus Salim Padang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Azwin mengatakan, tujuan utama digelar kejuaraan International Dragoat Boat Festival untuk terus meningkatkan perkembangan dan prestasi olahraga dayung khususnya di Kota Padang serta Sumatera Barat dan nasional pada umumnya.

“Kita berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisata khususnya di Kota Padang. Sebagaimana tema yang diangkat untuk pelaksanaan tahun ke-16 ini yakni, “PIDBF Ajang Silaturahmi, Prestasi dan Wisata Dunia di Kota Padang,” Ujar Azwin, Saat pembukaan di Pelataran Parkir bagian selatan GOR H. Agus Salim Padang, Jumat malam (3/8/2018).

Menurut,Azwin, Dengan meningkatkan silaturahmi antar pelaku olahraga dayung daerah, nusantara dan dunia, juga sebagai wadah meningkatkan pengalaman bertanding bagi para peserta.

“PIDBF di Kota Padang terus semakin semarak dari setiap pelaksanaannya. Hal itu dikarenakan olahraga dayung ini terus dimeriahkan peserta dari luar daerah serta mancanegara”, Katanya.

Dijelaskannya, PIDBF tahun 2018 peserta mancanegara diikuti oleh 6 negara dengan 9 tim yakni Jepang, Hongkong, Malaysia, Taiwan, Vietnam, Jerman dan Indonesia sebagai tuan rumah dengan peserta sebanyak 166 orang.

“Peserta dari luar provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diikuti sebanyak 10 tim dengan jumlah peserta 233 orang. Kemudian pada tingkat kabupaten/kota dalam Sumbar diisi 6 tim terdiri Persatuan Olahrga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Solok Selatan, Bukittinggi, Sijunjung, Pesisir Selatan, PODSI Sumbar dan PODSI Kota Padang sebagai tuan rumah. Tak hanya itu juga diikuti sebanyak 12 tim antar kesatuan.

Kemudian, Jadi total peserta keseluruhan dalam PIDBF ke-16 tahun 2018 ini yaitu diikuti sebanyak 38 tim sebanyak 871 orang serta official yang berjumlah 93 orang. Untuk hadiah bagi para juara akan diberikan berupa medali, torpi, piagam penghargaan dan uang dengan total Rp195 Juta.

“Kita tentu berharap kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, dengan masing-masing peserta dapat bersaing secara sportif dan menunjukkan kemampuan terbaiknya,” ucapnya.

Acara tampak, dihadiri Pj. Sekda Kota Padang Didi Aryadi, Mr. Dick Lim selaku Ketua International Dragon Boat Federation (IDBF), Ketua PODSI Sumbar Ismunandi Sofyan, unsur Forkopimda Kota Padang, dan Padang serta para peserta dan lainnya.

(can/rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar