Breaking

Minggu, 04 November 2018

Melihat Ketua DPRD Padang Turun ke Lokasi Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir

Baca Juga

Ketua DPRD Kota Padang bersama Dinas Sosial menyalurkan bantuan bagi korban banjir, Sabtu (3/11).
PADANG -- Hujan deras di Kota Padang pada Jumat, 2 November 2018 menyebabkan beberapa lokasi di darah yang dikenal sebagai Ranah Bingkuang ini diterjang banjir. 


Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Ketua DPRD Kota Padang Ellly Thrisyanti meninjau lokasi yang terkena banjit. 

Akibatnya, banjir tak hanya menyebabkan kerangka jembatan di Batang Baringin Lubuk Kilangan hanyut terbawa arus, tetapi juga menyebabkan rusaknya rumah warga dan matinya bintang ternak.

Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mengaku prihatin terhadap banjir tersebut. Apatah lagi, ketika mengunjungi korban bencana banjir, hatinya terenyuh. Ia tak menduga akibat banjir tersebut sebegitu parah, membuat jembatan putus, rumah warga rusak, barang-barang berharga milik warga hanyut dan binatang ternak mati.



Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Elly Thrisyanti menunju lokasi. 

"Tadi saya turun di enam titik lokasi, yaitu di Gurun Laweh, Banuaran, Parak Laweh, Tanjuang Aua, Tanjuang Saba, dan Lubuk Bagaluang. Yang terparah terkena dampak banjir adalah Banuaran dan Gurun Laweh. Di lokasi itu, banyak rumah warga yang kena banjir, ada yang hanyut dan tidak sempat menyelamatkan barang mereka," ungkap Elly kepada media ini, Sabtu sore, 3 November 2018.

Elly menceritakan, air sudah sampai ke atap rumah, pohon-pohon yang tumbang juga mengenai rumah warga. Namun, katanya, korban jiwa akibat banjir tersebut tidak ada.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," jelas politisi Partai Gerindra ini. 

Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Elly Thrisyanti memberikan kata sambutan dihadapan korban banjir. 

Elly mengatakan, dirinya turun atas nama Ketua DPRD Kota Padang sebagai bentuk cepat tanggap terhadap bencana yang melanda masyarakat. Sebagai Pemerintah Kota (Pemkot), dimana Walikota dan DPRD merupakan penyelenggara pemerintahan daerah secara bersama-sama, sebagaimana diamanatkan undang-undang, pihaknya langsung tanggap terhadap bencana yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

"Tadi itu kami turun bersama-sama Dinas Sosial, Tagana, PMI dan Lurah menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Kami turun dalam rangka tanggap darurat dan menyerahkan bantuan yang dibawa Dinas Sosial," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Meninjau sungai yang tergerus banjir. 

Bantuan yang diserahkan, jelas Elly lagi, berupa kasur, matras, selimut, indomie, dan lainnya. Mengenai jumlah rumah yang terkena dampak banjir, Elly tidak bisa menyebutkan secara rinci.

"Yang jelas banyak, di Gurun Laweh hampir semua yang kena di RT 001/ RW002. Arah ke pabrik getah hampir semua yang kena. Demikian juga di Banuaran, di belakang kantor Lurah," tukuknya.

Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Elly Thrisyanti menyalami penyandang disabilitas yang menjadi korban banjir. 

Untuk gerak cepat membantu korban banjir, tegas Elly, Pemko Padang harus segera menyalurkan bantuan-bantuan yang ada. Msyarakat yang menjadi korban banjir harus didata, dan hasil pendataan itu dijadikan pedoman dalam penyaluran bantuan. 

Elly mengatakan, yang namanya bencana merupakan musibah dari Allah. Maksudnya, musibah yang tidak dikehendaki.

"Tapi yang namanya musibah, majua tak dapek diraih, malang indak dapek ditolak, tapi masyarakat tetap harus waspada dan menjaga kesehatan," katanya.

Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Elly Thrisyanti meninjau rumah warga yang menjadi korban banjir. 

Elly tetap mengingatkan masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, misalnya membuang sampah di sungai. Sebab, hal itu dapat memaksimumkan dampak banjir. 

"Mari kita jaga, alur-alur yang memungkinkan aliran air menjadi lancar, sehingga dampak bencana banjir dapat diminimalisir atau dikurangi," cakapnya.

Kepada pemerintah kota, Elly berharap segera untuk menyusun program pembangunan yang arahnya ke fisik, karena memang diperlukan segera penanganan tebing-tebing bantaran sungai dengan memasang bronjong-bronjongnya. 

Ketua DPRD Kota Padang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Elly Thrisyanti dan warga korban banjir diwawancarai wartawan tv lokal. 

Mengenai rapat khusus penanganan banjir dengan pemko, ujar Elly, nanti akan ditangani oleh Komisi IV dan III DPRD Kota Padang. Nanti, Komisi III DPRD Kota Padang sebagai pengawas teknis pembangunan akan melihat program-program pemko terkait hal tersebut. 

"Seperti kita ketahui, Kota Padang saat ini membutuhkan anggaran yang besar untuk pembangunan fisik," pungkasnya. 

Anggaran untuk pembenahan drainase di Kota Padang sendiri, kata Elly cukup besar. Apatah lagi, program rehabilitasi drainase merupakan program unggulan Mahyeldi dan Emzalmi selaku Walikota dan Wakil Walikota Padang.  

(rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar