Breaking

Senin, 10 Desember 2018

Wapres JK Minta Pengawas Pemilu Tetap Independen

Baca Juga

Wapres JK Minta Pengawas Pemilu Tetap Independen
BIJAKNEWS.COM -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengimbau seluruh jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bersikap independen dalam menjalankan tugasnya, meskipun memiliki hak pilih pada Pemilu 2019 mendatang.

"Yang sangat penting (adalah) independensi, bagaimana anda semua independen walaupun saya tahu anda juga warga negara biasa, berhak memilih. Pasti anda memilih juga calon, cuma harus anda rahasiakan itu sendiri," ujar JK saat memberikan pengarahan pada Rakornas Bawaslu, Senin, 10 Desember 2018. 

Sebagai pengawas Pemilu, lanjut dia, memberikan hak politik memang tidak dilarang. Namun, JK mengingatkan preferensi pilihan politik jajaran Bawaslu harus disimpan secara pribadi dan tidak boleh disampaikan ke publik.

Dia juga mengingatkan, sebagai anggota Bawaslu dan Panwaslu, para pengawas harus bisa menempatkan diri di posisi netral dan tidak memihak, sehingga penyelenggaraan Pemilu di Tanah Air bisa berjalan adil.

"Silakan memilih sendiri, tapi anda punya etika. Begitu anda masuk Bawaslu, anda punya etika untuk berada di sisi independen dan mencari kebenaran. Karena begitu Pemilu berhasil, andalah yang berhasil," kata JK.

Independensi jajaran penyelenggara Pemilu, menurut JK, menjadi tolok ukur keberhasilan pesta demokrasi lima tahun sekali di Indonesia. Dan sikap itu, kata dia, harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari para penyelenggara Pemilu.

(Sumber: liputan6.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar