Breaking

Minggu, 21 April 2019

Pemerataan Kualitas Pendidikan Bidang Agama, Gubernur Sumbar Wisuda 340 Tahfizd SMAN 1 Padang

Baca Juga


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Kepala DInas Pendidikan Sumbar Drs. Burhasman, MM. hadiri Wisuda 340 Tahfizd SMAN 1 Padang, Sabtu (20/04/2019)

PADANG, BijakNews.com -- Pemerataan kualitas pendidikan di Sumatera Barat terus ditingkatkan, seiring dengan semakin ketatnya daya saing yang harus dihadapi para siswa/siswi setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah. Generasi muda yang telah menyelesaikan pendidikan diharapkan memiliki persiapan matang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus membenahi dan meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai kabupaten maupun kota, tidak ketinggalan upaya meningkatkan kualitas pendidikan para siswa dalam ilmu agama juga tidak luput dari perhatian Pemprov Sumbar. Salah satunya dengan cara mengajak para pelajar untuk mendalami dan menghafal Al Qur'an.

Upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menggalakkan gerakan menghafal Al Qur'an cukup membuahkan hasil memuaskan, pasalnya sudah banyak sekolah seperti SMP maupun SMA di Sumatera Barat berhasil mewisudakan para siswanya dalam Wisuda Tahfidz. Sehingga mencetak para pelajar yang punya kemampuan hafal Al Qur'an yang membanggakan. Salah satunya terlihat dari Wisuda Tahfidz yang dilakukan SMA Negeri 1 Padang pada hari ini.

Wisuda 340 Tahfizd SMAN 1 Padang, Sabtu (20/04/2019)

Wisuda Thafidz ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang juga selaku penguji dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 340 murid SMA Negeri 1 Padang terlihat berbahagia dan sekaligus terharu, pasalnya kehadiran Gubernur Sumatera Barat sebagai penguji merupakan suatu yang diharapkan bagi murid-murid tahfidz SMA ini.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi yang tinggi kepada SMA Negeri 1 Padang yang telah melakukan tahfidz bagi murid dalam kegiatan di sekolahan ini.

Wisuda 340 Tahfizd SMAN 1 Padang, Sabtu (20/04/2019)

Hafal Al-Quran, membuat ketenangan dan ketentraman jiwa, serta keselamatan dunia akhirat, serta membuat sukses. Sebagian besar untuk anak-anak yang bisa mengahafal beberapa Juz Al-Quran akan mendapat kemudahan seperti masuk sekolah SMA Favorit dan Universitas ternama.

Hal ini disampaikan oleh gubernur Sumbar dalam sambutannya Wisuda Tahfidz Qur’an ke-6 SMA Negeri 1 Padang bertema "Membangun Akhlakul Quran dan Raih Mahkota Keagungan" yang diselenggarakan di GOR Sudirman SMA Negeri 1 Padang, Sabtu (20/4/2019).

Irwan Prayitno mengajak untuk terus meningkatkan hafalan, mengamalkan dan menghayati Al-Qur’an. Dengan demikian akan tumbuh generasi yang sholeh, cerdas, berprilaku baik, dan berbakti kepada kedua orang tua serta beriman kepada Allah SWT.


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Kepala DInas Pendidikan Sumbar Drs. Burhasman, MM (kanan)

“Bersyukurlah bagi orang tua yang memiliki anak-anaknya yang hafal Alqur'an, Insya Allah akan menjadi anak yang soleh dan solehah, cerdas, sertabisa menjaga akhlaknya,” kata Irwan Prayitno

Gubernur berharap, sebagai orang tua harus bisa menjadi contoh, mari kita budayakan membaca dan menghafal Alquran dimulai dari rumah tangga, tidak hanya anak saja yang menghafal alquran, tetapi orang tua juga bisa hafal Alqur'an," ucapnya.

"Banyak manfaat bagi hafidz Alqur'an, selainmen dapat pahala bisa juga sebagai penenang jiwa, penolong dalam kesukaran, untuk itu marilah kita cintai Alqur'an, dengan mencintainya kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT" tambahnya.

Sementara itu Kepala SMA N 1 Padang menyampaikan, kegiatan hafidz ini tujuannya untuk melatih siswa untuk lebih cinta terhadap Al-Qur’an, memberi bekal untuk mengembangkan Islam di muka bumi, dan membentengi diri dibawah lindungan Allah SWT.
 Kepala DInas Pendidikan Sumbar Drs. Burhasman, MM

”Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kami dapat terus melanjutkan cita cita kami, yaitu Membangun pendidikan Ranah Minang dengan Alquran,” ujarnya penuh semangat.

Dikatakan, hapal Alqur'an dapat kemudahan dalam memasuki Universitas ternama, untuk itu teruskan hafalan ini sehingga hidup kita tidak sia-sia kedepannya.

Selanjutnya gubernur Sumbar berkesempatan menguji hafidz dengan juz 2 sampai juz 12. Semua itu diselesaikan dengan baik bagi hafidz SMA Negeri 1 Padang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM. mengatakan para guru dan orang tua sangat diharapkan untuk terus mengajak dan memotivasi para siswa menghafal dan mengamalkan Al Qur'an agar tumbuh menjadi generasi yang sholeh, cerdas, berprilaku baik, dan berbakti kepada kedua orang tua serta beriman kepada Allah SWT, Bimbingan orang tua dan para guru sangat membantu para siswa dalam membentuk karakter yang bagus dan meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman, Kakanwil Kemenag, Ketua Komite SMA Negeri 1 Padang, Kepala sekolah SMA di Kota Padang, dan orang tua murid.  (mrm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar