Breaking

Sabtu, 21 Maret 2020

Virus Covid 19 Apa Kata Dokter Spesialis Gizi Klinik tentang Covid 19?

Baca Juga

















BIJAKNEWS.COM -- Mewabahnya virus Covid 19 hampir di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia dan rakyat Muna khususnya, mendatangkan kegelisahan pada sebagian besar masyarakat. Covid 19 (corona virus 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 (Severe Acut Respiratory Syndrome Corona Virus 2) adalah virus baru yg sblmnya blm prnh ditemukan pada manusia. Kejadian penularan yang sangat cepat ini yang memberikan kegundahan pada masyarakat Muna.

Menurut dokter Sitti Rosmahsari,  SpGK,  dokter Spesialis Gizi Klinik RSUD Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) yang biasa disapa dokter Iche Bakkarang ini mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada. 

Covid 19 akan bisa masuk kepada siapa saja tanpa pandang bulu.  Imunitas/kekebalan tubuh yang baik membantu seseorang untuk melindungi tubuh dari Covid 19. Karena itu sangatlah penting untuk tingkatkan imunitas/kekebalan tubuh. 

Mulai dari makan yang teratur.  Usahakan jangan melewatkan waktu makan utama 3x (nasi, lauk hewani & nabati, sayur) dan selingi dengan makan buah 2x. "Makanlah makanan beranekaragam setiap hari. Kemudian hindari terlalu banyak makanan manis,  berminyak dan makanan kemasan,"ungkapnya.

Kata dia bahwa upayakan makan makanan yang diolah sendiri karena itu lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan makanan kemasan. 

Kemudian lakukan olahraga yang teratur minimal 3-5 kali seminggu dengan durasi 150-400 menit dalam satu minggu.  Cukup air putih, sesuaikan dengan kebutuhan, berat badan dan usia (1500 - 2500 ml/hari).

Selanjutnya,  intake vitamin C 500 mg sehari.  Dan bila ada riwayat kontak dengan Orang Dalam Pengawasan (ODP)  dan Pasien Dalam Oengawasan (PDP) yang saat ini ada keluhan batuk, flu dan demam, maka dosis vitamin C harus dinaikan hingga 1 g/hari bahkan 2 g/hari tergantung toleransi tubuh. Vitamin lain seperti vitamin E (134 - 800 mg/hari), Zink (30 - 220 mg/hari), atau Vitamin D (10 ug - 100 ug/hari akan lebih baik dipenuhi untuk membantu menstimulasi imunitas tubuh.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat dengan keadaan tertentu agar lebih berhati-hati. Seperti pada usia lanjut dan orang orang dengan penyakit Diabetes Melitus atau penyakit kronis lainnya terutama yang berkaitan dengan paru dan kondisi yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh seperti HIV AIDS,  obesitas ,  mainutrisi dan penyakit berat lainnya seperti gangguan di jantung,  ginjal,  hati dan organ lainnya.  "Saya harap secepatnya konsultasikan ke Dokter tentang penyakit Anda, bagaimana pengobatan serta hal lainnya yang membantu mengontrol kesehatan anda, "jelasnya.

Menurut anak kelima dari enam bersaudara pasangan almarhum Bakkarang dengan Waode Rabbau ini selalu berucap agar masyarakat tetap waspada dan jangan panik. Positif thinking akan membantu sel-sel tubuh bekerja lebih baik.

"Mari kita lindungi keluarga dengan tetap "social distancing" dan budaya hidup bersih serta selalu berdoa semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua.  Aamiin, "sebut Dokter Iche Bakkarang. (mdn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar