Breaking

Minggu, 23 Agustus 2020

Perkuat Kearifan Lokal, Datuak Irwan Basir Resmikan Perguruan Silek Pauh 'Sasaran Kampung Jambak'

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- Dalam rangka penguatan kearifan lokal, Saya meresmikan Perguruan Silek Pauh "Sasaran Kampung Jambak" Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (22/08/2020) Malam.

Bangkitnya kembali Perguruan Silek Pauh "Sasaran Kampung Jambak" yang telah berdiri sejak tahun 1980-an. Ini menunjukkan masyarakat Kampung Jambak Lubuk Lintah memiliki kepedulian tinggi terhadap kearifan lokal, seperti Silek Pauh.

Membina Nagari seperti halnya menjaga kearifan lokal ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat.

Saya sangat mengapresiasi ninik mamak, pemuda Kampung Jambak Lubuk Lintah yang telah membangkitkan kembali Silek Pauh yang merupakan bagian dari kearifan lokal dalam Sasaran Kampung Jambak.

Babaliak ka Nagari bukanlah berarti kembali kepada masa lalu, di masa lampu togok (penerangan memakai sumbu api). Namun Babaliak ka Nagari adalah semangat untuk kembali menghidupkan pilar-pilar dan sendi-sendi adat budaya di tengah masyarakat agar terus diwarisi oleh anak kemenakan. Bak kata pepatah, Tak lapuak dek hujan, Tak lakang dek paneh.

Dengan bangkitnya kembali Sasaran Kampung Jambak, maka budaya yang ada terus terwarisi dan terpelihara sekaligus melahirkan penjaga warisan budaya, yakni bibit-bibit sasian di nagari.

Peresmian Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak malam ini menjadi momentum untuk menjaga kearifan lokal dan ajang silaturahmi seluruh komponen untuk bersama membina Nagari, yang pada intinya menandakan nagari itu "Barisi".

Dengan peresmian ini, tntu harapannya Sasaran Silek Kampung Jambak semakin berkembang dan menarik perhatian generasi muda. Semakin bergairah serta berdampak pada semakin bertumbuhya Bibit - bibit anak sasian dan pada gilirannya tidak lagi tertidur seperti waktu sebelumnya.

Turut hadir di kesempatam itu, Kapolsek Kuranji diwakili Kanit Binmas, Ninik Mamak, Ketua IPSI Kota Padang diwakili Wakil Ketua Erman Jamal, Ketua FKAN Pauh IX Kuranji diwakili Ketua Harian Kadril Rajo Darek, Ketua RT 04 RW 02 Kampung Jambak, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Bundo Kanduang, Tuo Silek dan anak sasian, serta undangan lainnya.

hms

Tidak ada komentar:

Posting Komentar