Breaking

Minggu, 24 September 2023

Raker Anggaran Tahun 2024 UIN IB Padang Resmi Ditutup, Beberapa Unit Kerja Mendapat Penghargaan dari Rektor

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Rapat Kerja Anggaran (Raker) untuk tahun 2024 Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang ditutup secara resmi oleh Rektor pada Minggu (24/09/2023). Kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 22-24 September 2023 diikuti sebanyak 86 peserta yang terdiri unsur pimpinan, peserta, dan panitia. Acara digelar di Grand Rocky hotel Bukittinggi.

Kegiatan ini merupakan pemantapan tujuan strategis UIN IB Padang, sesuai dengan Indikator Kerja Utama (IKU) Rektor dalam rangka menuju kampus yang unggul, bereputasi, serta menyonsong tahun emas Indonesia 2045.

Pada acara rapat anggaran tersebut juga menghadirkan nara sumber Ibu Tri Estiningsih, S.E., M.Si, Ak., CA., ACPA dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) R.I terkait dengan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara pada Badan Layanan Umum (BLU) perguruan tinggi.

Dalam paparanya ia mengatakan bahwa, Akuntabilitas Keuangan Negara adalah Tanggung Jawab Keuangan NegaraUU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara pada Pasal 1 menyatakan:
Tanggung Jawab Keuangan Negara adalah kewajiban Pemerintah untuk melaksanakan pengelolaan Keuangan Negara secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif dan transparan dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Secara prinsip tanggungjawab keuangan negara adalah setiap orang yang diberikan kewenangan untuk mengelola keuangan negara wajib mempertanggungjawabkan keuangan yang dikelolanya dan laporan pertanggungjawaban keuangan tersebut harus diaudit oleh lembaga audit yang independent, tuturnya.

Mengingat pentingnya agenda rapat anggaran untuk pelaksanaan tahun 2024 tersebut membuat peserta rapat bersemangat, dan penuh tanggung jawab, sekaligus dapat pencerahan dari BPK RI adalah langkat tepat, sehingga pelaksanaan kegiatan ke depan tidak banyak lagi kendala dalam melakukan kegiatan strategis UIN IB Padang. Dalam rapat ini banyak hal yang didiskusikan yang intinya bagaimana mengemas kegiatan secara tepat, efektif dan efisien, sesuai dengan IKU Rektor.

Berkenaan dengan itu Rektor UIN IB Padang Prof.Dr.Hj.Martin Kustati, M.Pd. pada acara penutupan memberikan apresiasi kepada senat dan sekretaris yang telah turut mengawal acara ini, unsur pimpinan, dan peserta, serta panitia yang telah melaksanakan dan mengikuti acara ini secara penuh, walaupun masih ada catatan-catatan kecil yang perlu menjadi perhatian bersama.

Menurutnya ada dua kegiatan utama; pertama evaluasi kegiatan termasuk serapan anggaran tahun 2023 dan kedua; pematangan persiapan kegiatan tahun anggaran 2024. Kemudian ia mengajak kepada semua unit kerja untuk berkomitmen memajukan UIN IB Padang menuju perguruan tinggi yang bereputasi, sekaligus menyonsong tahun emas Indonesia 2045.

Terakhir Rektor UIN IB Padang memberikan piagam penghargaan kepada unit kerja yang lebih tinggi serapan anggarannya, dan ini dapat mendorong unit-unit kerja yang lainya agar lebih fokus dan lebih serius melakukan kegiatan yang telah direncanakan seseuai dengan target dan capaian yang diharapkan, pungkasnya.

Humas UINIB 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar