Breaking

Senin, 30 Oktober 2023

Hari Ketiga Wisuda Ke-90 UIN IB Padang, Rektor Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd Sampaikan Pesan Penting Ini Kepada Wisudawan

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang telah memasuki hari ketiga pelaksanaan Wisuda ke-90 di kampus megah yang berlokasi di Sungai Bangek Kota Padang.

Di hari ketiga Wisuda ke-90 UIN Imam Bonjol Padang ini telah dilantik para wisudawan dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak 234 wisudawan, dan dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama sebanyak 219 wisudawan. Para ulama, umara, dan profesional tangguh telah lahir dari rahim dua fakultas ini.

Dalam sambutannya pada hari ketiga Wisuda ke-90 UIN IB Padang ini, Rektor mengingatkan betapa besarnya dampak transformasi digital dalam merubah pola pikir dan prilaku masyarakat.

"Dengan sistematisnya transformasi digital yang dimulai semenjak diperkenalkannya internet secara mainstream pada tahun 1990 hari ini telah merobah pola, perilaku yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam aspek kehidupan. Serta terjadi komodifikasi dalam berbagai hal. Sandang, Papan, Pangan, dan Gadget menjadi kebutuhan primer ditengah masyarakat informasi pada era revolusi industri 4.0 yang akan bersiap memasuki smart society 5.0" ujar Rektor UIN IB Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd, dihadapan wisudawan/ti, Senin (30/10/2023). 

Pada kesempatan ini Rektor juga mengingatkan kepada wisudawan/ti bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagaikan pisau bermata dua yang mengharuskan kita bijak menggunakannya.

"Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku ini akan berdampak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Aksentuasi yang ingin Saya sampaikan adalah melek teknologi alias tech savvy menjadi sebuah keharusan. Tentu kita tidak ingin, generasi penerus bangsa ini di rusak akhlaknya melalui teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi bagaikan pisau bermata dua, yaitu peluang dapat dimanfaatkan, sekaligus tantangan yang harus dibayar jika kita lalai dalam mengunakannya" lanjut Rektor disambut tepuk tangan para wisudawan. 

Pada kesempatan ini Rektor berpesan kepada para wisudawan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi agar mampu menebar jangkar-jangkar pengabdian, menyebar dan menegakkan panji-panji agama hingga pelosok negeri. Dengan kompetensi yang dimiliki, produksilah konten-konten keagamaan pada berbagai platform digital. E-Dakwah misalnya, merupakan peluang untuk menyiarkan agama Islam ke seantero negeri. 

Dan kepada lulusan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Rektor mengingatkan kompetensi lulusan Ushuluddin tidak hanya terbatas pada persoalan akidah atau keyakinan, tetapi juga mencakup persoalan amaliyah, pungkasnya.

Ada momen membanggakan dari wisuda hari ketiga UIN IB Padang hari ini. Yakni empat mahasiswa yang terkenal sebagai aktivis kampus tampil gemilang, mencapai puncak prestasi dengan predikat pujian yang membanggakan, tidak hanya pintar dalam akademik, ke empat mahasiswa ini juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan kampus.

Dari fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, ada wisidawan bernama Tegar Putra Trimarta, punggawa program studi komunikasi dan penyiaran Islam yang sukses menyabet IPK 3,83.

Sementara itu, wisudawan bernama Nuzul Hikmah, perempuan pejuang dari program studi Manajemen Dakwah menorehkan IPK impresif 3,62. Dari sisi lain, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama turut berbangga hati dengan dua lulusannya, yakni Muhammad Riski Panjaitan dan Anjali Sabna yang sama sama berasal dari program studi studi agama mencuri perhatian dengan IPK 3,73 dan 3,86.

Masing masing cerita dibalik prestasi mereka tentu tidak lepas dari dukungan keluarga serta kerja keras dan dedikasi selama menempuh pendidikan .

Berita keberhasilan ini tentu menjadi angin segar bagi UIN Imam Bonjol Padang. Semakin mempertegas komitmennya dalam mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas tetapi juga aktiv dan berkontribusi.


rki

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar