Breaking

Sabtu, 21 Oktober 2023

Peringati Hari Santri Nasional 2023, UIN Imam Bonjol Padang Gelar Expo Kemandirian Pesantren

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
UIN Imam Bonjol Padang perdana gelar Expo Kemandirian Pesantren dalam rangka hari santri nasional, kegiatan ini berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat. 21/10/23.

Kegiatan ini resmi dibuka ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Rektor I bidang akademik dan kelembagaan Dr. Yasrul Huda, MA dan Kakanwil Kemenag Sumatera Barat Dr. H. Helmi, M. Ag., yang disiarkan live di media sosial instagram UIN Imam Bonjol Padang.

Tema yang diusung dalam Hari Santri Nasional 2023 adalah Jihad Santri Jayakan Negeri.

Drs. Mardius, M.MM selaku ketua panitia menyampaikan “UIN Imam Bonjol Padang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan Expo Kemandirian Pesantren, ini merupakan suatu kehormatan bagi kita, terdapat 19 pesantren dalam pembagian, namun setelah dibantu konfirmasi ada 14 pesantren yang hadir , diantaranya :

- PPs Nurul Yaqin Alhidayah Padang Pariaman
- PPs Mu’allimin Muhammadiyah Tamiang Pasaman Barat
- PP Hijrah Medinah Pesisir Selatan
- MTI Ashabul Kahfi Pesisir Selatan
- PP Darul Hikmah Pasaman barat
- PPS Syekh Burhanuddin Al-Muhajirin
- PP Arabi Darul Yamani Pasaman Barat
- PP almadani silaut
- PP. IQRA’ Pesisir Selatan
- Pondok pesantren Darussalam Pinaga Pasaman Barat
- Pondok Pesantren Darul Ulum Padang
- PPS Nurul Yaqin Ambung Kapur Padang Pariaman
- PP DARUL MURSYIDIN pasaman Barat
- MTI Sabilul Jannah Pessel

Selanjutnya Kakanwil Provinsi Sumbar Dr. H. Helmi, M.Ag menyampaikan
Pesantren sebagai pelaku usaha diharapkan dapat mempromosikan produknya di expo ini, kegiatan ini merupakan hal pertama bagi pesantren. Beliau berharap pesantren dapat aktif dalam expo ini untuk mempromosikan Pondok Pesantren.

“Maksud dan tujuan kemandirian pesantren adalah mempromosikan, memberikan platform kepada pesantren pegiat bisnis, mendukung ekonomi lokal pesantren, melaksanakan jejaring pesantren dengan perguruan tinggi, mari kita gemakan hari santri tahun ini bersama-sama, jihad santri jayakan negeri. “ ungkapnya.

Disisi lain, Wakil Rektor 1 UIN Imam Bonjol Padang Dr. Yasrul Huda, MA menyampaikan peran penting santri dalam pendidikan dan pembangunan bangsa. Mereka mungkin akan menekankan nilai-nilai keagamaan, pendidikan, dan pengabdian yang diwujudkan oleh santri. juga dapat berfokus pada peran perguruan tinggi Islam dalam mendukung perkembangan santri dan pendidikan Islam di Indonesia.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, santri lebih mandiri dalam mengembangkan pendidikan serta inovatif sebagai generasi penerus bangsa.

Humas UINIB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar