Breaking

Jumat, 19 Juli 2024

Kenang Jejak Perjuangan, Pj Wako Kunjungi Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Usai melaksanakan upacara peringatan gugurnya Bagindo Aziz Chan di Lapangan Imam Bonjol, Jumat, (19/7/2024), Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar langsung bertolak ke rumah kelahiran Wali Kota Padang ke-2 itu, di Alang Laweh, Padang, Jumat. 

Didampingi Pj Sekretaris Daerah Kota Padang Yosefriawan, Andree memasuki rumah panggung berwarna biru. Bersamaan dengan itu, anak-anak dari Almarhum Bagindo Aziz Chan ikut mengenang kembali rumah yang sudah menjadi cagar budaya Kota Padang. 

Diketahui rumah kelahiran Bagindo Aziz Chan sudah difungsikan menjadi museum sudah sejak 2019. Di museum dipajangkan beragam koleksi, termasuk foto-foto bersejarah, catatan pribadi, dan perjuangan yang menginspirasi dari Bagindo Aziz Chan.

Di sela-sela obrolan singkat bersama salah satu anak Bagindo Aziz Chan, Ineke Aziz Chan, Andree menuturkan tapak tilas ini sangat bermakna baginya. Sebab, perjuangan Bagindo Aziz Chan dalam mempertahankan Kota Padang sangat menginspirasi generasi muda. 

"Perjuangan Bagindo Aziz Chan sangat mendalam bagi Kota Padang. Kita harus meneladani sosoknya sebagai pemimpin. Sosok yang berani dan tegas, peduli terhadap keamanan, respon cepat terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat," ujarnya. 

Sementara Ineke Aziz Chan mengungkapkan sosok religius sang ayah. Ia mengenang bagaimana Bagindo Aziz Chan yang selalu menyempatkan diri untuk melafalkan Al-Quran usai salat wajib. (DA/Charlie)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar