Breaking

Selasa, 30 Juli 2024

Pj Wako Padang Kukuhkan F-PRB dan KSB Kecamatan Padang Selatan

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar mengukuhkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (F-PRB) dan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Padang Selatan. Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Padang Selatan, Selasa (30/7/2024).

Pj. Wako Andree Algamar mengapresiasi terbentuknya F-PRB di Kecamatan Padang Selatan karena forum tersebut terdiri dari seluruh stakeholder terkait, seperti relawan, pengusaha, TNI/Polri.

"Adanya kerja sama antara stakeholder ini akan sangat membantu pemerintah untuk berkoodinasi berkaitan dengan pengurangan risiko bencana," kata Andree Algamar.

Disampaiaknnya, Sumatera Barat jadi salah satu daerah rawan bencana, diantaranya gempa bumi karena dilalui oleh patahan geser Sesar Semangko, sehingga bencana bisa sewaktu-waktu terjadi di Ranang Minang. Tidak hanya itu, bencana alam lain, seperti banjir dan longsor juga kerab terjadi.

Kondisi itu yang kemudian mengharuskan dibangunnya paradigma kesiapsiagaan terhadap musibah bencana pada seluruh aspek kehidupan, sehingga mampu menciptakan kondisi tanggap terhadap bencana dan mengurangi risiko bencana yang mungkin dapat timbul sewaktu-waktu.

"Salah satu yang bisa kita kembangkan dalam menghadapi suatu bencana adalah dengan membuat sistem kawasan tanggap bencana, karena sistem ini memberikan standar dasar aspek pembangunan kawasan yang tanggap bencana meliputi peduli musibah bencana, mampu merespon secara cepat, melakukan tindakan pencegahan serta proses pemulihan pasca bencana," jelas Andree Algamar.

Dikatakannya, dengan dikukuhkannya F-PRB dan KSB ini maka diharapkan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat di daerah rawan bencana makin rutin dilaksanakan.

"Kami yakin orang-orang yang terpilih sebagai pengurus FPRB merupakan manusia pilihan yang senantiasa siap siaga dalam menghadapi bencana apapun yang bisa terjadi di masa depan. Selain itu orang- orang yang ada pada Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana) diharapkan akan bisa menjadi garda terdepan jika sewaktu-waktu bencana datang," sebut Pj Wako Andree Algamar.

Camat Padang Selatan, Anhal Mulya Perkasa mengatakan, pembentukan FPRB menjadi penting untuk mengurangi risiko bencana, mulai dari siklus pra-bencana, saat terjadi bencana dan pasca-bencana.

"Pembentukan FPRB ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan apabila sewaktu waktu terjadi bencana serta meminimalisir terjadinya risiko bencana di di Kota Padang, khususnya Kecamatan Padang Selatan," ujarnya.(Hariz/Taufik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar