Breaking

Sabtu, 31 Agustus 2024

Hari Kedua, KPU Sumbar Kembali Lakukan Pemeriksaan Kesehatan untuk Cagub-cawagub

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Dihari kedua, Pasangan calon (Paslon) kepala daerah untuk posisi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Epyardi Asda – Ekos Albar, tiba di RSUP M. Djamil sekitar pukul 07.00 WIB, Sabtu (31/8/2024). Keduanya hadir untuk agenda pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan pendaftaran calon kepala daerah (Cakada) untuk Pilkada serentak 2024.

“Proses pemeriksaan yang dilakukan untuk paslon ini adalah rangkaian dari pendaftaran cakada untuk ikuti kontestasi pilkada,” sebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Surya Efitrimen, saat jumpa pers di lokasi pemeriksaan kesehatan, RSUP M Djamil, Senin pagi itu.

Dikatakan, untuk Sumbar, ada dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur. Di hari kedua pemeriksaan kesehatan ini, paslon Epyardi Asda-Ekos Albar yang mengikuti pemeriksaan. Diketahui, hari sebelumnya, yang memeriksakan kesehatan ke RSUP M Djamil adalah Paslon Mahyeldi-Vasco, Jumat (30/8/2024).

“Tim kesehatan di-SK-kan oleh KPU Sumbar. Hasil diserahkan ke KPU Sumbar setelah proses dilaksanakan,” sebut Surya lagi.

Sementara, Direktur Utama RSUP M Djamil Dovy Djanas menguraikan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap para Paslon adalah pemeriksaan jasmani dan rohani, selain pemeriksaan terkait narkoba.

“Untuk pemeriksaan jasmani, ada beberapa tahapan, di antaranya pemeriksaan laboratorium, untuk darah dan semua fungsi organ. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan jantung, USG, dan lainnya,” kata Dovy.

Paslon Epyardi Asda-Ekos Albar menyatakan kesiapannya untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Kami siap laksanakan prosedur sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami siap laksanakan semuanya lahir dan batin. Mudah-mudahan lancar dan diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” ujar Epyardi Asda, diikuti anggukan kepala Ekos Albar yang berdiri di sampingnya. (003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar