Breaking

Selasa, 17 September 2024

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UNP Lakukan Pengabdian Bertajuk School dan Nagari Go to Geopark

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Dalam rangka menggali potensi Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Dosen Departemen Teknik Pertambangan UNP bersama Biro “Prospectors” Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan dari Departemen Teknik Pertambangan melakukan pemetaan geosite Pacualan yang didampingi oleh Ir. Harizona Aulia Rahman, S.T., M.Eng dan Ahmad Fadhly ST.,M.T Selaku Dosen Pendamping dan ketua Prospectors Ahmad Bastika Khuanda.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat bertajuk School & Nagari Go to Geopark, yang bertujuan mendukung kawasan Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau dengan memperkenalkan objek alam / destinasi wisata dengan literasi ilmiah dalam mendukung Wisata kebumian yang terintegrasi dengan konsep geowisata.

Nagari Tigo Koto Silungkang merupakan sebuah nagari yang terletak di kecamatan Palembayan kabupaten Agam Propinsi Sumatra Barat. Nagari ini berada di bagian utara kabupaten Agam, berjarak lebih kurang 30 Km dari Lubuk Basung. Nagari Tigo Koto Silungkang merupakan wilayah tropis dan bentang alamnya ditutupi sebagian besar oleh bebatuan karst. Dan memiliki perbukitan dengan ketinggian yang terjal, sehingga mempunyai air terjun dan aliran sungai yang jernih dan terjaga,juga memilki hutan yang masih asri.

Acara ini sejalan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, di mana kerja sama antara universitas dan pemerintah daerah berperan penting dalam pengembangan kawasan geopark nasional.

Setelah kegiatan ini, Bapak Nagari Doni Cendra, S.Sos, menyatakan dukungannya untuk membangun kerja sama jangka panjang dengan UNP. Beliau mengajak untuk menyusun rencana pembangunan geowisata yang terintegrasi dengan potensi alam lainnya, demi kemajuan bersama. (fd/Hms unp)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar