Breaking

Selasa, 17 September 2024

Kemeriahan Aksi Bergizi di SMPN 03 Sungai Geringging Bersama Mahasiswa PBL FKM Unand

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Gerakan Nasional Aksi Bergizi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa/i dalam membiasakan konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah), makan-makanan dengan menu gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik. 

Gerakan Aksi Bergizi ini dilakukan secara nasional di sekolah-sekolah tingkat SMP/MTs hingga SMA/MI/SMK. Di wilayah Koto Bangko, UPTD Puskesmas Koto Bangko menargetkan siswa/i SMPN 03 Sungai Geringging sebagai sasaran dalam menjalankan program Aksi Bergizi tersebut dan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada tanggal 9 – 10 September 2024. 

Tujuan dari kegiatan Aksi Bergizi ini, yakni meningkatkan kesadaran siswa/i dalam konsumsi tablet tambah darah (TTD), makan-makanan dengan gizi seimbang, pentingnya sarapan pagi dan aktivitas fisik.
Dalam peningkatan pengetahuan tersebut, diharapkan siswa/i yang diberikan edukasi dapat rutin mengonsumsi tablet Fe dan pencegahan anemianya, mulai rutin dalam melakukan aktivitas fisik seperti lari atau senam pagi. Pola hidup menjadi lebih baik ke arah yang sehat dari sebelumnya.

“Program yang terlibat dalam kegiatan Aksi Bergizi diantaranya, gizi seimbang, promosi kesehatan, penyakit tidak menular, dan kesehatan jasmani dan rohani. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti senam bersama (aktivitas fisik), makan bersama (sarapan pagi), makan buah bersama, penyuluhan kesehatan tentang gizi, pemberian tablet tambah darah (TTD), dan cek kesehatan,” ucap Siskawati, SKM.

Adapun peran dari mahasiswa PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) diantaranya ikut andil dalam kegiatan inti tersebut, seperti melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, tes kesehatan mata hingga buta warna untuk kegiatan di hari pertama yang dilaksanakan.
Sementara di hari kedua, mahasiswa PBL beserta petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Koto Bangko menggelar rangkaian kegiatan diawali dengan senam pagi. Kemudian dilanjut dengan edukasi kesehatan terkait pola hidup sehat, pentingnya konsumsi tablet tambah darah (TTD) dan penyakit tidak menular. Selain itu, siswi SMP yang menjadi sasaran program diberikan tablet tambah darah untuk dikonsumsi secara rutin. Kegiatan ditutup dengan foto bersama.

“Adapun yang perlu ditingkatkan dari kegiatan tersebut tentunya kita memaksimalkan bahwa program ini dapat dikemas semaksimal mungkin, semenarik mungkin, sehingga atensi dari adik-adik itu juga meningkat serta semangat lagi. Dan harapannya, memang kegiatan ini konsisten, terus berkelanjutan di tiap puskesmas, khususnya wilayah Puskesmas Koto Bangko.” Kata Aliefio Defano selaku Ketua Kelompok PBL Koba.

“Harapannya setelah dilakukan kegiatan Aksi Bergizi, siswa/i bisa tau dan sadar serta menerapkan pentingnya sarapan pagi dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang, mengonsumsi tablet tambah darah/tablet Fe secara rutin hingga melakukan aktivitas fisik,” sambungnya.

Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar