Breaking

Minggu, 01 September 2024

Momen HUT ke-43, Ikasmantri Padang Gelar Blue Ocean Minang Run 2024

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Blue Ocean Minang (BOM) Run 2024 menjadi acara puncak yang digelar oleh Pengurus Besar Ikatan Alumni SMA 3 Padang (Ikasmantri) Periode 2024-2028 yang diinisiasi oleh Ketua Umum Ikasmantri Dr dr Rahyussalim Sp OT(K).

Kegiatan BOM Run ini tidak hanya menjadi ajang reuni bagi para alumni, namun juga menjadi momentum untuk memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

“Blue Ocean Minang Run 2024 ini bukan sekedar lomba lari, namun juga merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, khususnya laut. Kita ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keindahan alam dan kelestarian ekosistem laut,” ujar Rahyussalim, Minggu (1/9). 

Dikatakannya, lomba lari maraton dengan rute sepanjang pesisir pantai padang menjadi daya tarik tersendiri. Peserta tidak hanya berlomba untuk meraih prestasi, tetapi juga menikmati keindahan alam sambil berkontribusi menjaga kebersihan pantai.

“Rangkaian kegiatan ini akan dimulai pada 1 Desember 2024, dan puncaknya akan dilaksanakan pada 21 April 2025,” katanya saat konferensi pers. 

Sementara itu, Ketua Panitia BOM Run 2024, Rennal Arifin menyampaikan selain kegiatan Blue Ocean Minang Run 2024, ada beberapa kegiatan lain yang merupakan rangkaian dari kegiatan ini, yaitu Lomba Jalan Santai dan Bersih Pantai.

“Kegiatan Lomba Jalan Santai dan Bersih Pantai dimulai dari SMA 3 Padang dan berakhir di Pantai Taman Budaya. Selain jalan sehat, peserta diwajibkan untuk memungut sampah di sepanjang pantai sebagai bentuk edukasi pada masyarakat untuk menjaga ekosistem laut dan keseimbangan lingkungan, terutama sampah plastik yang dapat merusak habitat laut,” katanya.

Kemudian kata Rennal, kegiatan selanjutnya yakni Gerakan Bulan Cinta Laut. Kegiatan ini merupakan kegiatan bersih laut dan pantai sebagai bentuk dukungan pada pemerintah terutama Dinas Kelautan dan Perikanan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Sakti Wahyu Trenggono.

Rennal Arifin melanjutkan, kegiatan baru terakhir puncaknya yakni Blue Ocean Minang Run 2024, yang akan dilaksanakan pada 21 April 2025.


“BOM Run merupakan puncak kegiatan berupa lomba half marathon yang terdiri atas 3 kategori, yaitu 5K, 10K, dan 21K dengan rute sepanjang pesisir pantai Padang. Kegiatan ini akan memperebutkan total hadiah sebesar 125 juta dan hadiah menarik lainnya,” ujarnya.

Selain kegiatan half marathon, kata Rennal, pada hari yang sama akan dilaksanakan kegiatan lain berupa kegiatan lomba musik (Festival Band) dan lomba dance antar SMA se-Kota Padang untuk menyalurkan kreativitas pelajar, pentas seni, fashion show, dan hiburan lainnya.

Tidak hanya itu, juga dilaksanakan Bazar UMKM yang menggelar ciri-ciri budaya masyarakat Minangkabau baik berupa makanan, hasil kerajinan tangan, serta jajanan pasar yang rencananya akan melibatkan Dekranasda Kota Padang. (h/fdi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar