Breaking

Minggu, 29 September 2024

Nagari Creative Hub, Gebrakan Mahyeldi Vasco Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Baca Juga


Oleh: Yulviadi Adek
Pelaku & Penggiat ekonomi kreatif Sumatera Barat

Sumatera Barat (sumbar) merupakan Provinsi ya terdiri dari 19 Kabupaten Kota memiliki lebih dari 1000 nagari (desa).

Selain Sumber Daya Manusianya (SDM) , Sumbar juga kaya akan potensi alam dan budayanya, yang tersebar di seluruh nagari. Bahkan setiap nagari mempunyai potensi yang berbeda satu sama lainnya. Seperti potensi alam yang merupakan kekayaan tak terhingga mulai dari dasar laut sampai ke puncak gunung.

Sementara potensi SDM , sumbar merupakan "pabrik SDM" berkualitas dengan lahirnya ribuan sarjana dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di sumatera barat setiap tahunnya.

Begitu juga dengan potensi budaya, keanekaragaman budaya yang dimiliki disetiap nagari mempunyai potensi masing masing.

Dengan adanya program nagari creative hub ini tentu menjadi solusi untuk peningkatan ekonomi di setiap nagari di sumatera barat.
Creative hub yang merupakan ruang masyarakat untuk berdiskusi, belajar serta berinkubasi memajukan perkonomian nagari.

Berbicara tentang creative hub untuk sumatera barat atau minangkabau bukan lah suatu hal yang baru. Budaya orang minang dalam hal tempat belajar, diskusi dan berinkubasi sudah berlangsung dari zaman dulu dengan budaya kegiatan surau dan lapau.

Ruang surau dan lapau inilah yang harus digerakan kembali sesuai dengan fungsi ruang orang minangkabau untuk mengembangkan diri dan nagarinya.
Diruang kreatif ini akan digali dan di petakan semua potensi yang ada disetiap nagari, kemudian di kembangkan sampai menjadi produk unggulan di setiap nagari. Dengan kejelasan potensi dan peluang pengembangan potensi ini juga nantinya berpeluang mendatangkan investor terutama dari orang rantau yang sukses di masing masing nagari.

Terbayang kalau creative hub nagari ini terwujud dan berjalan sesuai rencana, sumatera barat akan menjadi kekuatan ekonomi rakyat yang luar biasa di indonesia bahkan di asia tenggara.

(***) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar