Breaking

Senin, 30 September 2024

Plt Gubernur Audy Apresiasi Kolaborasi TNI-RS Unand dalam Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Plt Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, mengucapkan terima kasih atas digelarnya Bakti Kesehatan Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit dalam rangka HUT TNI ke-79 di Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand), Senin (30/09/2024). Menurutnya, agenda kolaborasi tersebut merupakan contoh nyata kolaborasi dalam meningkatkan kualitas kesehatan warga Sumbar.

Hal itu disampaikan Plt Gubernur Audy saat membuka secara resmi bakti sosial tersebut di Lantai 4 RS Unand Padang. Ia berharap, ke depan semakin banyak kerja sama dan kolaborasi yang terjalin bersama RS Unand, yang merupakan salah satu rumah sakit dengan fasilitas dan tenaga medis cukup lengkap di Sumbar.

"Pertama, tentu kami ucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk TNI. Kami ucapkan juga terima kasih atas berbagai kegiatan yang dilakukan dan berdampak langsung kepada masyarakat Sumbar. Salah satunya adalah bakti sosial kesehatan berupa operasi bibir sumbing dan celah langit-langit hari ini, yang merupakan iven kolaborasi bersama RS Unand," ujar Audy.

Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, sambung Audy, menjadi salah satu fokus  dalam pelaksanaan pemerintahan di Sumbar. Untuk memaksimalkannya, ia menyadari begitu pentingnya perlibatan seluruh pihak dan pemangku kepentingan, dan tidak cukup hanya dengan mengandalkan program dan anggaran pemerintah.

"Mungkin ke depan kita bisa terus memperluas kolaborasi ini, seperti dalam bentuk operasi katarak dan sebagainya. Serta, tidak hanya dalam momentum-momentum tertentu seperti peringatan ulang tahun lembaga tertentu," ujar Audy lagi.

Peran besar RS Unand bersama TNI, sambung Audy, telah dirasakan saat penanganan Covid-19 yang lalu. Di mana RS Unand menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 yang sangat strategis, sementara TNI juga terlibat dalam upaya penanganan serta penerapan kebijakan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah.

"Rumah Sakit Unand satu-satunya rumah sakit tipe B di Kota Padang, dengan kelengkapan peralatan medis dan tenaga medis yang memadai. Selain itu, RS Unand juga berstatus rumah sakit pendidikan. Sehingga, kolaborasi demi kolaborasi harus terus dilakukan bersama rumah sakit ini," ucap Audy lagi.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Bakti Kesehatan tersebut, Danlantamal II Padang, Laksma TNI Sarimpunan Tanjung; Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin; Wakil Rektor IV Universitas Andalas, Henmaidi; Dekan Fakultas Kedokteran Unand, Afriwardi; Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Unand, Arina Widya Murni; Kepala Kesbagpol Sumbar, Erinaldi; dan Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim.

(adpsb/isq)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar